Facebook

Rabu, 23 Februari 2011

OPERASI SEARCH AND RESCUE PEMBERSIHAN AKSES JALAN PASCA ANGIN PUTING BELIUNG DI KEC. MINGGIR SLEMAN 2010

Sabtu (2/10) Puluhan rumah di Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, rusak akibat diterjang angin puting beliung, Sejumlah pohon besar juga tumbang sehingga menimpa rumah warga.
Puting beliung menerjang delapan pedukuhan. Kerusakan terparah terjadi di Dusun Duwet 2 dan Ngarjun. Hingga malam hari, warga beserta rekan rekan Merapi Lowo Rescue berusaha menyingkirkan puing dengan peralatan seadanya.
Warga Kalibawang Miskidi mengatakan, angin berpusar datang secara tiba-tiba dan berputar kencang dalam tempo 30 menit. Saat itu, sebagian penduduk tidak berani keluar rumah karena angin kencang yang disertai hujan lebat. Mereka baru keluar rumah begitu mengetahui rumahnya tertimpa pohon besar.
Sedikitnya 32 rumah rusak parah dan belasan lainnya rusak ringan. Jalan utama penghubung Kecamatan Kalibawang dengan Kabupaten Magelang juga sempat tertutup beberapa saat terhalang tiang listrik yang roboh.
Akibat kejadian itu listrik PLN juga padam di empat pedukuhan yaitu Ngrajun, Srandu, Demangan, dan Cikalan. Setelah angin rebut dan hujan yang sempat menggegerkan warga itu mereda, warga langsung bergotong-royong membersihkan puing puing yang berserakan. Tidak ada korban jiwa dan luka, hanya harta berupa kerusakan rumah, dapur, kandang ternak, dan pohon tumbang. Kerugian diperkirakan sekitar Rp 200 juta – Rp 250 juta. Warga yang rumahnya rusak untuk sementara menumpang di rumah saudara dan tetangga.
Kendati begitu, warga tetap bertahan di rumah masing-masing. Mereka tidak mengungsi, meski harus berada di rumah dalam keadaan gelap gulita.(ULF)



0 komentar:

Posting Komentar