Facebook

Rabu, 01 Juni 2011

Daftar Istilah Gempa


Worldwide daftar istilah yang berhubungan dengan gempa umum (disusun oleh James Daniell, 2010)
(dipersingkat daftar istilah yang paling penting) :
Percepatan
Laju perubahan kecepatan dari titik acuan. Biasanya dinyatakan sebagai fraksi atau persentase percepatan gravitasi (g) mana g = 980 cm/s2. – (USGS)
Aktif Fault
Sebuah kesalahan yang dianggap cenderung mengalami gerakan baru dalam jangka waktu perhatian manusia. Kesalahan biasanya dianggap aktif jika mereka telah pindah kali atau lebih dalam terakhir 10,000 years, tetapi mereka juga dapat dipertimbangkan aktif ketika mengkaji bahaya untuk beberapa aplikasi bahkan jika gerakan telah terjadi di terakhir 500,000 years. (USGS)

Aesthenosphere
Daerah yang sangat mekanis lemah kental dari mantleof atas Bumi. Ini terletak di bawah lithosfer, pada kedalaman antara 100 dan 200 km di bawah permukaan, tapi mungkin memperluas sedalam 400 km. (Wikipedia)
Gempa susulan
Sekunder tremor yang dapat mengikuti kejutan terbesar dari urutan gempa. getaran tersebut dapat memperpanjang selama minggu, bulan, atau tahun. USGS)
Buta kesalahan
Sebuah kesalahan yang tidak memperpanjang ke atas ke Bumi ™ s permukaan. Biasanya berakhir ke atas di wilayah aksial sebuah antiklin. Jika yang dip kurang dari 45 derajat, itu adalah dorongan buta. (IASPEI)
Tubuh Gelombang
Sebuah gelombang seismik yang merambat melalui bagian dalam bumi, sebagai lawan ke permukaan gelombang yang merambat dekat ™ s permukaan bumi. P dan gelombang S adalah contoh. Setiap jenis gelombang memiliki karakteristik khas strain. (USGS)
Building Code
Kode bangunan, atau bangunan kontrol, adalah seperangkat aturan yang menentukan tingkat yang dapat diterima minimum keselamatan untuk benda yang dibangun seperti bangunan dan struktur non-bangunan. Tujuan utama dari kode bangunan untuk melindungi kesehatan masyarakat, keselamatan dan kesejahteraan umum karena terkait dengan pembangunan dan hunian bangunan dan struktur. Kode seismik, mengacu pada kode bangunan yang menggunakan prinsip-prinsip desain tahan gempa. (USGS – Prosedur)
Continental Crust
Terluar lapisan padat bumi yang membentuk benua dan terdiri dari batuan beku, metamorf, dan batuan sedimen. Keseluruhan, kerak kontinental luas granitik dalam komposisi. Kontras dengan kerak samudera. (PDC)
Struktur Kritis
1) Struktur yang terus-menerus kinerja selama keadaan darurat diperlukan atau kegagalan yang bisa mengancam banyak nyawa. Mungkin termasuk (1) struktur seperti reaktor nuklir atau bendungan besar yang mungkin kegagalan bencana; (2) utama komunikasi, kegunaan, dan sistem transportasi; (3) paksa- atau tinggi-hunian bangunan seperti sekolah atau penjara; dan (4) fasilitas darurat seperti rumah sakit, polisi dan pemadam kebakaran stasiun, dan bencana-respon pusat. , 2) Fisik struktur primer, teknis fasilitas dan sistem yang secara sosial, ekonomis atau operasional penting untuk fungsi masyarakat atau komunitas, baik dalam kondisi rutin dan dalam situasi yang ekstrim dari emergency.2) Fasilitas Rugi kritis fasilitas kesehatan rumah sakit dan perawatan, gedung umum, telekomunikasi, bandara, sistem energi (batubara, nuklir dll), jembatan dan fasilitas lainnya yang sangat penting untuk pemulihan dan rehabilitasi pasca gempa bumi yang wilayah-. (IASPEI-UN/ISDR)
Kerak
Lapisan utama terluar Bumi, mulai dari sekitar 10 untuk 65 km di ketebalan di seluruh dunia. Kerak kontinental tentang 40 tebal di Pacific Northwest km. Ketebalan kerak samudera di daerah ini bervariasi antara sekitar 10 dan 15 kerak km.The ditandai dengan kecepatan P-gelombang kurang dari sekitar 8 km / s. paling atas itu 15-35 km dari kerak rapuh cukup untuk menghasilkan gempa bumi. Kerak seismik dipisahkan dari kerak rendah oleh batas-ulet getas. (USGS)
Deep Gempa
Gempa yang fokus terletak lebih dari 300 kilometer dari permukaan s ™ bumi. Gempa-report.com berbeda dari pemberitahuan resmi menyebut gempa bumi dengan kedalaman lebih dari 100 km yang “Mendalam”. Hal ini terutama karena dampak non-merusak dari gempa bumi. (USGS)
Kedalaman
Jarak (biasanya diukur dalam km) di bawah permukaan bumi digambarkan oleh 0km (mean spheroid). Juga dikenal sebagai kedalaman gempa "Gempa bumi dapat terjadi di mana saja antara ™ s permukaan Bumi dan tentang 700 kilometer di bawah permukaan. Untuk tujuan ilmiah, kedalaman gempa ini berbagai 0 " 700 Km dibagi menjadi tiga zona: dangkal, menengah, dan mendalam. (USGS-CEDIM)
Bencana
Sebuah peristiwa yang menyebabkan gangguan besar terhadap perekonomian, masyarakat dan lingkungan. Its asal atau menyebabkan dapat langsung berasal dari fenomena alam, i. geofisik (sebagai gunung berapi atau seismik peristiwa yang menyebabkan runtuhnya infrastruktur, tanah longsor atau pencairan, etc.) atau iklim (sebagai hurricanes, topan, tornado, utama variasi curah hujan baik dari segi kelebihan atau defisit menyebabkan kekeringan). Meskipun biasanya tidak dicakup oleh metodologi, bencana juga mungkin memiliki œhuman atau asal antropis sebagai tumpahan bahan kimia, kecelakaan industri, atau sukarela disebabkan kejadian seperti pedllg, tindakan teroris, etc. Atau kerusakan akibat bencana akan selalu dihubungkan dengan intervensi manusia sebelum, selama dan setelah acara (siklus œdisaster). (A)
Jangka waktu
Interval waktu antara puncak pertama dan terakhir gempa kuat di atas amplitudo tertentu. (EQCanada)
Gempa bumi
Ground gemetar dan energi seismik dipancarkan paling sering disebabkan oleh slip tiba-tiba pada suatu kesalahan, gunung berapi atau kegiatan magmatik, atau stres perubahan mendadak di Bumi. Gempa bumi berkekuatan 8 atau lebih besar disebut gempa bumi yang dahsyat.
Gempa Risiko
Yang diharapkan (atau kemungkinan) kehilangan kehidupan, cedera, atau bangunan kerusakan yang akan terjadi, mengingat probabilitas bahwa beberapa bahaya gempa terjadi. Gempa risiko dan bahaya gempa kadang-kadang digunakan secara bergantian. (USGS)
Pusat gempa bumi
Titik pada Bumi ™ s permukaan vertikal di atas titik (fokus atau hiposenter) dalam kerak mana pecah seismik nukleasi. (EQCanada)
Fault Plane
Permukaan dimana gerakan gempa berlangsung. (Prosedur)
Fault Rupture
Lihat depan pecah (Prosedur)
Fault lereng curam
bentuklahan Steplike linier bertepatan dengan kesalahan jejak dan disebabkan oleh slip geologis baru pada kesalahan. (USGS)
Fault Trace
Persimpangan dari kesalahan dengan permukaan tanah; juga, garis biasanya diplot pada peta geologi untuk mewakili suatu kesalahan. (USGS)
Kesalahan
fraktur Sebuah sepanjang yang telah ada perpindahan yang signifikan dari kedua belah pihak relatif terhadap satu paralel lain untuk patah tulang. (USGS)
Focal Depth
Sebuah istilah yang mengacu pada kedalaman fokus gempa. (USGS)
Fokus
Lihat hiposenter (USGS)
Ground Motion (Goncangan)
istilah umum yang mengacu pada aspek-aspek kualitatif atau kuantitatif gerakan ™ s permukaan bumi dari gempa bumi atau ledakan. Ground motion dihasilkan oleh gelombang yang dihasilkan oleh slip tiba-tiba pada kesalahan atau tekanan tiba-tiba di sumber ledakan dan perjalanan melalui bumi dan di sepanjang permukaan. (USGS)
Gutenberg-Richter
Gempa bumi tampaknya mengikuti pola melalui waktu dalam hal tidak. vs gempa bumi. besarnya. Ini disebut kriteria Gutenberg-Richter. (Prosedur)
Bahaya
Setiap fenomena fisik yang terkait dengan gempa yang dapat menghasilkan efek yang merugikan pada aktivitas manusia. Ini termasuk permukaan patahan, getaran tanah, tanah longsor, pencairan, deformasi tektonik, tsunami, dan seiche dan pengaruhnya terhadap penggunaan lahan, buatan struktur, dan sistem sosial ekonomi. Pembatasan Definisi umum digunakan bahaya gempa adalah probabilitas terjadinya tingkat tertentu getaran tanah dalam periode waktu tertentu. (USGS)
Gempanya
Titik di dalam bumi di mana gempa bumi pecah inisiat sebuah. Juga biasa disebut fokus. (USGS)
Intensitas
Sebuah indeks numerik subyektif menggambarkan keparahan gempa bumi dalam hal dampaknya pada ™ s permukaan bumi dan pada manusia dan struktur mereka. Ada beberapa skala, tapi yang paling umum digunakan di Amerika Serikat adalah skala Modifikasi Mercalli dan skala Rossi-Forel. (HAZUS Pedoman)
Intermediate Gempa
Gempa yang fokus terletak antara 70 to 300 kilometer dari permukaan s ™ bumi. Gempa-report.com berbeda dari pemberitahuan resmi menyebut gempa bumi dengan kedalaman lebih dari 40 to 00 km yauntuk “Menengah”. Hal ini terutama karena dampak merusak terbatas dari gempa bumi. (USGS)
JMA
Jepang Badan Meteorologi skala intensitas seismik merupakan ukuran yang digunakan di Jepang dan Taiwan untuk menunjukkan kekuatan gempa bumi. Skala ini adalah sistem numerik, menetapkan tingkat gempa bumi 0-7. (Wikipedia)
Tanah longsor
Gerakan tiba-tiba dari bahan geologi menurun sebagai respon terhadap gravitasi. Tanah longsor dapat dipicu oleh gempa bumi atau sebab alam lainnya. (EQCanada)
Lintang
Jarak sudut utara atau selatan dari khatulistiwa bumi ™ s diukur melalui 90 derajat. (NASA)
Pencairan
Transformasi dari bahan butiran dari keadaan padat menjadi keadaan cair sebagai konsekuensi dari peningkatan tekanan air pori dan tegangan efektif mengurangi. Dalam seismologi teknik, ini mengacu pada hilangnya kekuatan tanah sebagai akibat dari peningkatan tekanan pori akibat gerakan tanah. Efek ini bisa disebabkan oleh goncangan gempa. (IASPEI)
Lithosfer
Bagian padat luar Bumi, termasuk kerak dan mantel teratas. litosfer adalah tentang 100 km tebal, meskipun ketebalannya adalah usia dependent.The litosfer di bawah kerak bumi adalah cukup rapuh di beberapa lokasi untuk menghasilkan gempa bumi oleh patahan, seperti dalam subduksi lempeng samudera. (USGS)
Situs lokal kondisi
Penjelasan kualitatif atau kuantitatif dari topografi, geologi, dan tanah profil di situs yang mempengaruhi gerakan tanah saat terjadi gempa bumi. ( IASPEI
Dikunci Fault
Sebuah kesalahan yang tidak tergelincir karena tahanan gesek pada kesalahan lebih besar daripada tegangan geser di seluruh kesalahan. Kesalahan tersebut dapat menyimpan strain untuk waktu yang lama yang akhirnya dirilis di gempa ketika tahanan gesek diatasi. Sebuah kondisi kesalahan terkunci kontras dengan kondisi gangguan-creep dan dibuka kesalahan. (USGS)
Logaritma
Ini hanyalah eksponen yang diperlukan untuk menghasilkan nomor yang diberikan. Untuk dasar tertentu 10, dalam hal ini 1 = 10, 2 = 10x10 = 100, 3= 1000 dan seterusnya. (Prosedur)
Garis bujur
busur atau bagian dari bumi khatulistiwa ™ s berpotongan antara meridian suatu tempat tertentu dan meridian utama dan dinyatakan dalam derajat atau dalam waktu. (NASA)
Besarnya
Sejumlah yang mencirikan ukuran relatif gempa bumi. Besaran ini didasarkan pada pengukuran gerak maksimum terekam oleh seismograf(kadang-kadang untuk gelombang gempa dari frekuensi tertentu), dikoreksi untuk redaman ke jarak standar. Beberapa skala telah didefinisikan, tetapi yang paling sering digunakan adalah (1) lokal besarnya (ML), biasa disebut sebagai œRichter besarnya, (2) besarnya gelombang permukaan (Ms), (3) besarnya gelombang badan (Mb), dan (4) momen (Mw). ML,MLs dan Mb memiliki keterbatasan jangkauan dan penerapan dan tidak memuaskan mengukur ukuran gempa bumi terbesar. Besarnya momen (Mw) skala, Mwrdasarkan konsep momen seismik, secara seragam berlaku untuk semua ukuran gempa tetapi lebih sulit untuk menghitung daripada jenis lainnya. Dalam pokok, semua skala besarnya bisa cross dikalibrasi untuk menghasilkan nilai yang sama untuk setiap gempa yang diberikan, tetapi harapan ini telah terbukti menjadi hanya sekitar benar, sehingga kebutuhan untuk menentukan jenis besar serta peningkatan value.An atas satu unit besarnya (misalnya, dari 4.6 untuk 5.6) merupakan peningkatan 10 kali lipat amplitudo gelombang pada seismogram atau sekitar peningkatan 30 kali lipat energi dilepaskan. Dengan kata lain, besarnya suatu 6.7 gempa rilis atas 900 times (30 kali 30) energi dari 4.7 earthquake – or it takegempa bumipan> 900 besarnya 4.7 gempa bumi untuk menyamai energi yang dilepaskangempa bumiu 6.7 earthquake!Tidak ada awal dan akhir untuk skala ini. Namun, mekanika batuan untuk mencegah gempa bumi tampaknya lebih kecil dari tentang -1 atau lebih besar dari sekitar 9.5. besar A -1.0 acara rilis tentang 900 kali lebih sedikit energi daripada besarnya suatu 1.0 gempa. Kecuali dalam keadaan khusus, gempa bumi di bawah besarnya 2.5 are not generally not felt by humans. (USGS-IASPEI) 900 besarnya 4.7 gempa bumi untuk menyamai energi yang dilepaskan dalam satu 6.7 earthquake! Tidak ada awal dan akhir untuk skala ini. Namun, mekanika batuan untuk mencegah gempa bumi tampaknya lebih kecil dari tentang -1 atau lebih besar dari sekitar 9.5. besar A -1.0 acara rilis tentang 900 kali lebih sedikit energi daripada besarnya suatu 1.0 gempa. Kecuali dalam keadaan khusus, gempa bumi di bawah besarnya 2.5 tidak umumnya tidak dirasakan oleh manusia. (USGS-IASPEI)
Mainshock
Gempa bumi terbesar dalam seri yang disebut mainshock.
Mantel
Lapisan batu yang terletak di antara kerak luar dan inti dari bumi. Hal ini kira-kira 1,802 mil (2,900 kilometer) tebal dan merupakan yang terbesar dari lapisan utama bumi. (PDC)
MMI
Tingkat skala Mercalli intensitas gemetaran karena gempa bumi. Peringkat bervariasi dari I (merasa keadaan hanya di bawah terutama yang menguntungkan) XII (kehancuran total). (Wikipedia)
Moment Magnitude
Lihat besarnya (Mw) (USGS)
Samudera Penyebaran Ridge
Sebuah zona rekahan sepanjang dasar laut yang mengakomodasi upwelling bahan mantel ke permukaan, sehingga menciptakan kerak baru. fraktur topografi ini ditandai dengan garis ridges yang berupa batuan cair mencapai dasar laut dan membeku. (USGS)
Oceanic Crust
Lapisan padat terluar bumi yang mendasari lautan. Terdiri dari batuan beku basalt dan gabro, dan karena itu basaltik dalam komposisi. Kontras dengan kerak benua. (PDC)
Palung Kelautan
Sebuah depresi linier dari dasar laut yang disebabkan oleh dan kira-kira bertepatan dengan sesar subduksi. (USGS)
Osilator
Massa yang bergerak dengan osilasi gerakan bawah pengaruh kekuatan-kekuatan eksternal dan satu atau lebih kekuatan yang memulihkan massa ke posisi stabil pada-kekurangannya. Dalam rekayasa gempa, sebuah osilator teredam ideal adalah massa-pegas sistem yang digunakan sebagai model dari respon struktur untuk gerakan gempa tanah. seismograf adalah juga sebuah osilator jenis ini (USGS)
P Wave
Sebuah gelombang seismik tubuh yang melibatkan gerakan partikel (bolak kompresi dan ekstensi) ke arah propagasi. (USGS)
Percepatan Puncak
Percepatan tertinggi dalam hal nilai. (USGS)
PGA
Percepatan amplitudo maksimum yang diukur atau diharapkan dalam accelerogram kuat-gerak gempa bumi. (IASPEI)
Tahap
(1) Sebuah tahap dalam gerak periodik, seperti gerakan gelombang atau gerak osilator, diukur terhadap titik awal yang diberikan dan dinyatakan dalam ukuran sudut. (2) Sebuah pulsa energi seismik sampai pada suatu waktu tertentu. (USGS)
Piring
besar, segmen relatif kaku dari Bumi ™ s litosfer yang bergerak dalam kaitannya dengan pelat lain melalui astenosfer. (USGS)
Lempeng Tektonik
Sebuah teori yang didukung oleh berbagai bukti yang menganggap ™ kerak bumi dan uppermantle akan terdiri dari beberapa besar, tipis, relatif kaku lempeng yang bergerak relatif terhadap satu sama lain. Slip pada kesalahan yang mendefinisikan batas lempeng yang biasa hasil dalam gempa bumi. gaya Beberapa kesalahan terikat pelat, Kesalahan dorong termasuk sepanjang yang bahan plat subduksi atau dikonsumsi di dalam mantel, kelautan yang tersebar di sepanjang pegunungan materi kerak baru diproduksi, dan mengubah kesalahan yang mengakomodasi horizontal slip (strike slip) antara pelat berdampingan. (USGS)
Kepadatan Penduduk
Kepadatan Penduduk (dalam stok berdiri pertanian dan tanaman berdiri) adalah pengukuran penduduk per satuan luas atau satuan volume. Hal ini mengacu kepada orang-orang dalam kasus kami. (Wikipedia)
Kesiapan
Definisi: Pengetahuan dan kapasitas yang dikembangkan oleh pemerintah, profesional respon dan pemulihan organisasi, masyarakat dan individu untuk secara efektif mengantisipasi, menanggapi, dan pulih dari, dampak dari kemungkinan, dekat atau bahaya saat kejadian atau kondisi. Bagaimana: Tindakan Kesiapsiagaan dilakukan dalam konteks manajemen risiko bencana dan bertujuan untuk membangun kapasitas yang diperlukan untuk secara efisien mengelola semua jenis keadaan darurat dan mencapai transisi teratur dari respon melalui pemulihan. Kesiapsiagaan didasarkan pada analisis suara risiko bencana dan hubungan baik dengan sistem peringatan dini, dan mencakup kegiatan seperti perencanaan darurat, penyimpanan peralatan dan perlengkapan, pengembangan pengaturan untuk koordinasi, evakuasi dan informasi publik, dan pelatihan yang terkait dan lapangan latihan. Ini harus didukung oleh kelembagaan formal, hukum dan kapasitas anggaran. Para œreadiness istilah yang terkait menggambarkan kemampuan untuk dengan cepat dan tepat merespon bila diperlukan. (UN / ISDR)
Pencegahan
Tindakan atau investasi yang dibutuhkan dalam menghadapi bahaya dekat. Berbeda dari mitigasi, yang merupakan strategi permanen, pencegahan dilihat sebagai pra-bencana serangkaian kegiatan. (UN / ISDR)
Primer Wave
Lihat Wave P (Prosedur)
Residential
Sebuah bangunan harus dianggap sebagai bangunan tempat tinggal ketika lebih dari setengah dari luas lantai digunakan untuk tujuan tempat tinggal. bangunan lainnya harus dianggap sebagai non-residential. Dua jenis bangunan tempat tinggal dapat dibedakan: * rumah (berorientasi tanah bangunan perumahan): terdiri dari semua tipe rumah (terlepas, semi-terpisah, rumah bertingkat, rumah yang dibangun dalam satu baris, dll) setiap hunian yang memiliki pintu masuk sendiri langsung dari permukaan tanah; * lain bangunan perumahan: terdiri dari semua bangunan tempat tinggal lain selain bangunan tempat tinggal tanah berorientasi seperti didefinisikan di atas. (OECD)
Ketahanan
Definisi: Kemampuan sistem, komunitas atau masyarakat terkena bahaya untuk menahan, menyerap, mengakomodasi dan pulih dari dampak bahaya pada waktu yang tepat dan efisien, termasuk melalui pelestarian dan pemulihan struktur penting dasar dan functions.Comment: Ketahanan berarti kemampuan untuk œresile dari atau œspring kembali dari shock. Ketahanan masyarakat sehubungan dengan potensi bahaya ditentukan oleh sejauh mana masyarakat memiliki sumber daya yang diperlukan dan mampu mengatur sendiri baik sebelum dan selama saat dibutuhkan. (UN / ISDR)
Reverse Fault
Dip-slip kesalahan cenderung patah sepanjang massa batuan yang sebagian besar telah bergeser vertikal. Jika batu di atas kesalahan diangkat oleh slip, kesalahan disebut reverse (atau thrust fault). (USGS)
Risiko
Penentuan probabilistik kerusakan bahaya tertentu dapat menyebabkan diberi kerentanan yang ada, lokasi dan waktu. (A )
Penilaian Resiko
Definisi: Suatu metodologi untuk menentukan sifat dan tingkat risiko dengan menganalisa potensi bahaya dan mengevaluasi kondisi yang ada kerentanan yang bersama-sama berpotensi dapat membahayakan orang yang terkena, properti, jasa, mata pencaharian dan lingkungan yang mereka depend.Comment: Penilaian risiko (dan terkait pemetaan risiko) termasuk: review dari karakteristik teknis bahaya seperti lokasi mereka, intensitas, frekuensi dan probabilitas; analisis eksposur dan kerentanan termasuk fisik sosial, kesehatan, ekonomi dan lingkungan dimensi; dan evaluasi efektivitas kapasitas bertahan yang berlaku dan alternatif dalam hal skenario risiko kemungkinan. Kegiatan ini kadang-kadang dikenal sebagai proses analisis risiko. (UN / ISDR)
Keluar
Batas seketika antara bagian tergelincir dan dikunci dari kesalahan saat terjadi gempa bumi. Pecah dalam satu arah pada kesalahan disebut sebagai sepihak. Pecah dapat menyebar ke luar secara melingkar atau dapat menyebar ke arah kedua ujung kesalahan dari titik interior, disebut sebagai bilateral. (USGS)
S Wave Velocity
Kecepatan dari gelombang sekunder atau S. Umumnya diukur dalam m / s. (Prosedur)
Gelombang sekunder
Sebuah gelombang seismik tubuh yang melibatkan gerakan geser ke arah yang tegak lurus terhadap arah propagasi. Bila diselesaikan menjadi dua komponen ortogonal di pesawat tegak lurus terhadap arah propagasi, SH menunjukkan komponen horizontal dan SV menunjukkan komponen ortogonal. Juga dikenal sebagai gelombang S dan gelombang geser. (PDC)
Resiko gempa
Risiko gerakan tanah tertentu yang terjadi di lokasi yang (ini dapat didefinisikan dengan pemodelan skenario melalui katalog stokastik, DSHA, PSHA atau metode lain seperti, dan dapat mencakup berbagai jenis efek gempa bumi) (Prosedur)
Risiko Seismik
Lihat resiko gempa bumi, juga risiko probabilistik adalah kemungkinan gempa terjadi dan menyebabkan kerusakan dalam suatu interval waktu dan wilayah. (EQCanada)
Stasiun seismik
Posisi tanah di mana instrumen geofisika terletak untuk pengamatan. (U-Milwaukee)
Gelombang seismik
Gelombang elastis yang dihasilkan oleh impuls seperti gempa bumi atau ledakan. gelombang seismik dapat merambat baik sepanjang atau dekat ™ s permukaan bumi (misalnya, Rayleigh dan gelombang Cinta) atau melalui ™ Bumi interior (Gelombang P dan S). (USGS)
Kegempaan
1) Distribusi geografis dan sejarah gempa bumi. 2) Suatu istilah yang diperkenalkan oleh Gutenberg dan Richter untuk menggambarkan secara kuantitatif ruang, waktu, dan besarnya distribusi kejadian gempa. Kegempaan dalam zona sumber tertentu atau wilayah yang biasanya diukur dalam hal hubungan Gutenberg-Richter. (ICWGroup / IASPEI)
Seismogram
Sebuah catatan yang ditulis oleh seorang seismoraf respon terhadap gerakan tanah yang dihasilkan oleh gempa bumi, ledakan, atau tanah-gerak sumber. (ICW Grup)
Seismometer
seismometer adalah osilasi teredam massa, seperti sistem massa-pegas teredam, digunakan untuk mendeteksi energi gelombang seismik. Gerakan massa umumnya diubah menjadi tegangan listrik. Tegangan listrik dicatat di atas kertas, pita perekam suara, atau media lain rekaman. Catatan ini sebanding dengan gerakan massa seismometer relatif terhadap bumi, tapi bisa matematis dikonversi ke rekor dari gerak mutlak dari tanah. Seismograf adalah istilah yang merujuk pada seismometer dan alat perekam sebagai satu kesatuan. (NASA)
Urutan
Berkenaan dengan kemungkinan foreshock, mainshock dan terjadinya gempa susulan dan jangka waktu. (Prosedur)
Kerasnya
Baik intensitas dan besarnya "yaitu. ukuran / kekuatan gempa bumi. (Prosedur)
Shakemaps
ShakeMaps, produk dari United States Geological Survey (USGS) Bahaya Gempa Bumi Program, adalah peta dekat-real-time dari gerakan tanah dan intensitas getaran yang dihasilkan setelah gempa bumi yang signifikan. Mereka muncul sebagai kumpulan link kunci untuk daerah-daerah yang baru saja mengalami gempa bumi. Peta tampilan intensitas instrumental (modifikasi skala Mercalli), percepatan tanah, dan kecepatan puncak tanah. Mereka di-download as image (JPEG) atau zip postscript (PS) file, dan dataset-download sebagai teks, zip shapefile, KML, XML, atau HTML file. shakemaps lama disimpan dalam arsip. Peta terbaru juga tersedia sebagai RSS feed. (DLESE)
Gempa Dangkal
Gempa yang fokus terletak dalam 70 kilometer dari permukaan s ™ bumi. Gempa-report.com berbeda dari pemberitahuan resmi menyebut gempa bumi dengan kedalaman sampai 40 km yang “Dangkal”. Hal ini terutama karena dampak yang mungkin merusak dari gempa bumi. (Sci-Tech)
Strike-Slip
Strike-slip kesalahan vertikal (atau hampir vertikal) fraktur sepanjang massa batuan yang sebagian besar telah bergeser secara horizontal. Jika blok berlawanan pengamat melihat di kesalahan bergerak ke kanan, gaya slip yang disebut benar lateral; jika blok bergerak ke kiri, gerak disebut kiri lateral. (USGS)
Subduksi
lempeng tektonik Istilah untuk proses dimana litosfer samudera bertabrakan dengan dan turun di bawah litosfer kontinen. (USGS)
Permukaan patahan
Perpindahan yang mencapai permukaan Bumi ™ s selama slip sepanjang suatu kesalahan. Umumnya menyertai gempa bumi yang moderat dan besar dengan kedalaman fokus kurang dari 20 km. Permukaan patahan mungkin juga menyertai creep tektonik aseismic atau subsidence alam atau manusia-induced. (USGS)
Gelombang Permukaan
Gelombang seismik yang merambat di sepanjang ™ s permukaan bumi. Cinta dan gelombang Rayleigh adalah yang paling umum. (Prosedur)
Thrust fault
Sebuah sesar naik di mana batuan atas kesalahan di atas pesawat bergerak ke atas

dan di atas batu yang lebih rendah pada sudut 30o atau kurang sehingga strata yang lebih tua ditempatkan di atas lebih muda. (EQCanada)
Tsunami
Gelombang laut impulsif dihasilkan asal lokal atau jauh yang dihasilkan dari pemindahan dasar laut skala besar terkait dengan gempa bumi besar, utama kapal selam slide, atau meledak pulau vulkanik. (USGS)
Kecepatan
Dalam referensi goncangan gempa, kecepatan adalah laju perubahan terhadap waktu dari perpindahan tanah dari sebuah titik referensi selama perjalanan gelombang seismik gempa biasanya dinyatakan dalam cm per detik. (USGS)


(Sumber: Earthquake-report)

0 komentar:

Posting Komentar